Jumat, 14 September 2012

Menggambar Dengan Metode drawRoundRect di Java Applet


fillRoundRect (int x, int y, int width, int height, int arcWidth, int arcHeight). 
Mengisi sudut persegi panjang yang ditentukan bulat dengan warna saat ini.
public abstract void fillRoundRect (int x, public void fillRoundRect abstrak (int x,
                                   int y,
                                   int lebar,
                                   int tinggi,
                                   int arcWidth,
                                   int arcHeight)
yang ditentukan persegi panjang dengan sudut membulat arus. warna Fills ini dan kanan tepi kiri persegi panjang berada di x dan x + width - 1 , masing-masing. Dan bawah ujung atas persegi panjang adalah pada y dan y + height - 1 .
Parameters: Parameter:
- x koordinat persegi panjang yang akan diisi.
-y koordinat persegi panjang untuk diisi.
width - lebar persegi panjang yang akan diisi.
height - tinggi persegi panjang yang akan diisi.
arcWidth - diameter horizontal busur pada empat sudut.
arcHeight - diameter vertikal busur pada empat sudut.

Contoh : "Membuat Kartu bergambar Pohon"

 
-->
import java.awt.*;
import java.applet.*;
public class Lesson03 extends Applet
{
                public void init()
                {
                }
               
                public void paint(Graphics g)
                {
               
//Membuat latar belakang berwarna hitam berukuran 300x300 piksel
                g.setColor(Color.darkGray);
                g.fillRect(0,0,300,300);
               
//Membuat kartu demi kartu berwarna putih sebanyak dua buah
                g.setColor(Color.white);
                g.fillRoundRect(40,5,90,140,15,10);
                g.fillRoundRect(170,5,90,140,15,10);
//Membuat kartu pertama ***
//Membuat warna menjadi merah
                g.setColor(Color.red);
               
//Membuat tulisan A yang terletak disebelah kiri atas kartu
                int x[]={45,50,55,52,47};
                int y[]={20,10,20,15,15};
                g.drawPolygon(x,y,5);
//Membuat hati yang terletak disebelah kiri atas kartu
                g.fillOval(44,25,8,8);
                g.fillOval(50,25,8,8);
                Polygon polygon=new Polygon();
                polygon.addPoint(44,30);
                polygon.addPoint(56,30);
                polygon.addPoint(50,37);
                g.fillPolygon(polygon);
               
//Membuat tulisan A yang terletak disebelah kanan bawah kartu
                int a[]={112,117,122,119,114};
                int b[]={130,140,130,135,135};
                g.drawPolygon(a,b,5);           
               
//Membuat hati yang terletak disebelah kanan bawah kartu
                g.fillOval(110,118,8,8);
                g.fillOval(116,118,8,8);
                Polygon polygon1=new Polygon();
                polygon1.addPoint(109,122);
                polygon1.addPoint(123,122);
                polygon1.addPoint(116,112);
                g.fillPolygon(polygon1);
//Membuat hati yang terletak disebelah tengah kartu
                g.fillOval(70,60,15,15);
                g.fillOval(82,60,15,15);
                Polygon polygon2=new Polygon();
                polygon2.addPoint(70,70);
                polygon2.addPoint(96,70);
                polygon2.addPoint(83,90);
                g.fillPolygon(polygon2);
//Membuat kartu pertama ***
//Membuat warna menjadi hitam
                g.setColor(Color.black);
//Membuat angka 3 yang terletak disebelah kanan atas kartu
                g.drawLine(175,10,180,10);
                g.drawLine(180,10,175,15);
                g.drawArc(174,14,5,5,-100,240);
//Membuat pohon yang terletak disebelah kanan atas kartu
                g.fillOval(177,25,8,8);
                g.fillOval(174,30,8,8);
                g.fillOval(180,30,8,8);
                g.fillRect(179,35,4,8);
                Polygon polygon3=new Polygon();
                polygon3.addPoint(180,38);
                polygon3.addPoint(176,43);
                polygon3.addPoint(185,43);
                g.fillPolygon(polygon3);
//Membuat angka 3 yang terletak disebelah kiri bawah kartu
                g.drawLine(250,140,245,140);
                g.drawLine(245,140,250,135);
                g.drawArc(246,130,5,5,60,240);
//Membuat pohon yang terletak disebelah kiri bawah kartu
                g.fillOval(245,115,8,8);
                g.fillOval(242,110,8,8);
                g.fillOval(248,110,8,8);
                g.fillRect(247,103,4,8);
                Polygon polygon4=new Polygon();
                polygon4.addPoint(244,103);
                polygon4.addPoint(253,103);
                polygon4.addPoint(248,107);
                g.fillPolygon(polygon4);
               
//Membuat pohon1 yang terletak dibagian tengah kartu
                g.fillOval(209,10,15,15);
                g.fillOval(201,21,15,15);
                g.fillOval(217,21,15,15);
                g.fillOval(209,15,15,15);
                g.fillRect(214,30,5,15);
                Polygon polygon5=new Polygon();
                polygon5.addPoint(216,38);
                polygon5.addPoint(209,45);
                polygon5.addPoint(225,45);
                g.fillPolygon(polygon5);
               
//Membuat Pohon2 yang terletak dibagian tengah kartu
                g.fillOval(209,55,15,15);        
                g.fillOval(201,66,15,15);
                g.fillOval(217,66,15,15);
                g.fillOval(209,60,15,15);
                g.fillRect(214,75,5,15);
                Polygon polygon6=new Polygon();
                polygon6.addPoint(216,83);
                polygon6.addPoint(209,90);
                polygon6.addPoint(225,90);
                g.fillPolygon(polygon6);
               
//Membuat pohon3 yang terletak dibagian tengah kartu
                g.fillOval(209,120,15,15);
                g.fillOval(201,109,15,15);
                g.fillOval(217,109,15,15);
                g.fillOval(209,115,15,15);
                g.fillRect(214,100,5,15);
                Polygon polygon7=new Polygon();
                polygon7.addPoint(216,107);
                polygon7.addPoint(209,100);
                polygon7.addPoint(225,100);
                g.fillPolygon(polygon7);
               
//Membuat Tulisan Berwarna Biru
                g.setColor(Color.blue);
                Font font =new Font("Helvetica",Font.BOLD,20);
                g.setFont(font);
                String kartu[]={"K","A","R","T","U"};
                for(int i=0;i<5;i++){
                                g.drawString(kartu[i],25+(i*15),200+(i*15));
                                g.drawString(kartu[i],85-(i*15),200+(i*15));}
                               
//membuat kartu Domino berwarna putih bertepi abu-abu muda
//***membuat kartu Domino ke1
                                                g.setColor(Color.white);
                                                g.fillRoundRect(110,155,60,140,15,10);
                                                g.setColor(Color.lightGray);
                                                g.drawRoundRect(110,155,60,140,15,10);
                                                g.setColor(Color.red);
                                                g.fillOval(120,165,40,40);
                                                g.fillRect(110,225,60,5);
                                                g.fillOval(115,235,20,20);
                                               
//membuat kartu Domino ke2
                                                g.setColor(Color.white);
                                                g.fillRoundRect(130,235,140,60,15,10);
                                                g.setColor(Color.lightGray);
                                                g.drawRoundRect(130,235,140,60,15,10);
                                                g.setColor(Color.red);
                                                g.fillOval(135,270,20,20);
                                                g.fillOval(155,255,20,20);
                                                g.fillOval(175,240,20,20);
                                                g.fillRect(200,235,5,60);
                                               
//membuat kartu Domino ke3
                                                g.setColor(Color.white);
                                                g.fillRoundRect(210,155,60,140,15,10);
                                                g.setColor(Color.lightGray);
                                                g.drawRoundRect(210,155,60,140,15,10);
                                                g.setColor(Color.red);
                                                g.fillOval(215,160,20,20);
                                                g.fillOval(245,160,20,20);
                                                g.fillOval(215,180,20,20);
                                                g.fillOval(245,180,20,20);
                                                g.fillOval(215,200,20,20);
                                                g.fillOval(245,200,20,20);
                                                g.fillRect(210,225,60,5);
                                                g.fillOval(215,240,20,20);
                                                g.fillOval(245,240,20,20);
                                                g.fillOval(215,270,20,20);
                                                g.fillOval(245,270,20,20); }} 
 
Program html untuk memanggil Lesson03.java:
<html>  
  <head>  
  <title> Lesson03 </title>  
   </head>  <applet code=" Lesson03 " width=500 height=500>  
  </applet> 
  </html>  
 ************************************Selamat Mencoba***************************************

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nice blog .

:)

Posting Komentar